13 Tempat Wisata Kuliner Terkenal di Bandung Murah Meriah

Tempat wisata kuliner di Bandung – Jika datang ke Bandung tidak akan lengkap jika tidak membahas wisata kuliner Bandung, banyak ciri khas makanan yang pastinya akan membedakan Bandung dengan kota lainnya yang ada di Indonesia. Bahkan beberapa makanan khasnya banyak diminati oleh wisatawan asing. Beberapa diantaranya ada menjadi ikon wisata kuliner Bandung Barat seperti cireng Bandung, surabi Bandung, pisang cokelat, peyem, siomay Bandung dan masih banyak lagi lainnya. Jika ingin tahu banyak tentang wisata kuliner di Bandung bisa menyimak ulasan dibawah ini:

Cie Rasa Loom Buah Batu

Cie Rasa Loom Buah Batu

by ingstagram @_diniamalia_

Pasti sangat asing kan nama tempat makan yang satu ini. Cie rasa loom merupakan tempat makan dengan menu yang menjadi andalan adalah mie Aceh. Tempat wisata kuliner di Bandung ini ada di Jl. Terusan Buah Batu, buka 24 jam setiap harinya.

Rumah Sosis

Rumah Sosis

by ingstagram @pick_moa

Sesuai nama yang ada, rumah sosis merupakan wisata kuliner di Lembang Bandung yang menyajikan berbagai macam jenis sosis dalam berbagai varian berada di Jl. Setiabudhi 293-295. Meskipun bernama Rumah Sosis tapi tidak hanya sosis yang tersedia disini, ada juga nasi goreng, chicken katsu, nasi liwet dan berbagai makanan tradisional lainnya. Untuk menambah kenyamanan, ditempat ini juga dilengkapi wahana yang meliputi perahu sosis, lorong sesat, mini golf, kolam renang dan lain sebagainya. Tapi semua wahana yang ada bertarif. Wisata kuliner Bandung Selatan ini menjadi alternatif untuk Anda yang membawa anak-anak.

Kampung Daun

Kampung Daun

by ingstagram @fariska_ra

Merasakan sensasi kuliner yang unik dengan nuansa asri menjadi ciri khas dari wisata kuliner lembang Bandung yang satu ini. Mengusung tema tradisional dengan berbagai makanan khas Bandung menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung. Bukan hanya suasana nyaman dan tentram yang terasa disini tapi juga romantic. Saat malam hari, Kampung Daun menawarkan sensasi candle light dinner dengan sangat istimewa. Kuliner khas Bandung yang ada meliputi iga bakar, batagor, surabi, gurame bakar, bebek bakar, sop buntut, nasi bakar, nasi timbel dan aneka cemilan dan minuman lainnya. Untuk reservasi bisa datang langsung ke Jl. Sersan Bajuri Km 47 di Villa Triniti, Lembang.

Nasi Kalong

Nasi Kalong

by ingstagram @klikeatpost

Nasi kalong merupakan salah satu tempat wisata kuliner Bandung malam hari yang harus dikunjungi. Dikatakan begitu karena wisata yang satu ini mulai buka dari jam 7 malam hingga dini hari tiba. Walaupun buka malam hari, tempat ini selalu ramai karena sajian yang ada sangat menggoda. Nasi hitam dengan aneka lauk pauk menjadi idola, lauk pauk yang disediakan seperti tahu goreng, ayam goreng madu, tempe, tumis buncis bakar, dan masih banyak lagi. Untuk nasi hitamnya sendiri sebenarnya bukan dari beras hitam tapi beras merah yang dimasak menggunakan bumbu kluwak jadi warna yang dihasilkan berwarna hitam. Berada di Jl. RE Martadinata 102. Dengan harga mulai dari Rp. 15.000,00 sampai Rp. 30.000,00 untuk satu porsinya, menjadikan nasi kalong ini sebagai salah satu wisata kuliner murah di Bandung.

Iga Bakar Si Jangkung

Iga Bakar Si Jangkung

by ingstagram @agushernadirina

Iga bakar si jangkung menyajikan iga bakar dengan tipe yang unik. keunikan itu saat penyajian iga dimana tidak ada tulang yang disajikan jika biasanya ikut disajikan, disini tak ada tulang satupun. Dinamakan jangkung karena orang yang mempunyai tempat ini sangat inggi, jadi dinamakan Iga Bakar si Jangkung. Jika masalah rasa tidak ada duanya, iga bakar dengan cabe rawit, bawang merah dan taburan irisan tomat diatasnya dengan nasi hangat pastilah sangat nikmat dengan paduan gurih dan manis menambah kenikmatan yang ada. Wisata kuliner di Pasteur Bandung ini tepatnya beramat di Jl. Cipaganti 75B, Pasteur.

Warung Ceu’mar

Warung Ceu’mar

by ingstagram @enyonblocot

Selain beberapa wisata kuliner malam yang ada di Bandung salah satu yang terkenal adalah Warung Ceu’mar, selain letaknya yang stategis yaitu di Jl. Banceuy, wisata kuliner Bandung murah meriah ini juga menjadi salah satu alasan banyaknya pengunjung yang datang. Cukup dengan Rp. 11.000,00 saja pengunjung dapat menikmati sajian satu porsi nasi dengan lauk pauk maupun sayur. Wisata kuliner Braga Bandung ini menyediakan pilihan nasi rames dengan lauk pauk dan sayur. Banyak pilihan mulai dari tempe, tahu, olahan telur, bakwan, daging, ayam dan masih banyak lagi. Yang menjadi favorite disini adalah gulai sapinya. Warung yang buka dari jam 18.00 ini biasanya tutup jam 04.00 dini hari dan pastinya pengunjung yang datang dari waktu kewaktu semakin banyak dan banyak diantaranya menjadi pelanggan setia.

Stone Café

Stone Café

by ingstagram @chrislaluz

Stone Café menjadi wisata kuliner Bandung Lembang selanjutnya yang berupa restoran di kawasan Dago yang mengusung tema ala Eropa Klasik. Walaupun begitu, nuansa pedesaan yang khas juga masih menjadi daya tarik tersendiri. Terletak di Jl. Rancakendal Luhur 5 pastilah membuat suasana hati menjadi nyaman, aman dan rileks. Mulai dengan Rp. 35.000,00 sampai Rp. 100.000,00 pengunjung bisa menikmati satu paket makanan.

Pino Pizza

Pino Pizza

by ingstagram @pinopizzaindonesiabandung

Wisata kuliner kota Bandung yang lainnya adalah Pino Pizza. Tempat ini berlokasi di Jl. Buah Batu yang menyediakan berbagai pilihan pizza, pasta dan salad dengan harga yang relative murah. Mulai dari Rp. 45.000,00 pengunjung dapat menikmati kelezatan pizza dengan berbagai varian rasa. Dan yang menjadi istimewa disini terdapat pizza manis yang hanya ada di Pino Pizza. Pizza manis merupakan pizza yang memiliki topping manis seperti pisang dan apel, jika biasanya toppingnya sayur dan daging disini dibuat varian rasanya berbeda.

Boemi Joglo

Boemi Joglo

by ingstagram @aaisyahsiti_

Boemi Joglo ini merupakan tempat makan yang menyajikan suasana tradisional ala Jawa Barat dengan berbagai varian makan khas dari Jawa Barat. Dengan tempat makan berupa saung, wisata kuliner Dago Bandung ini berada di Jl. Rancakendal Luhur 17, Dago. Untuk menunya juga bermacam-macam, mulai dari nasi liwet, camilan, minuman, sate dan banyak lagi. Tarif yang ada juga termasuk murah, hanya dengan Rp. 20.000,00 bisa menikmati kelezatan makanan.

Coca Suki Setiabudi

Coca Suki Setiabudi

by ingstagram @kemanamanamakan

Wisata kuliner Setiabudi Bandung ini menyajikan berbagai varian makanan khas Thailand yang dikemas menarik dan rasa aslinya tidak berubah. Dan yang paling dicari adalah Tom Yumnya yang diakui banyak orang sangat nikmat dan selalu ingin kembali memakannya.

Yogurt Cisangkuy

Yogurt Cisangkuy

by ingstagram @isuysuryati

Menjadi salah satu wisata kuliner terkenal di Bandung, keberadaan Yogurt Cisangkuy ini memiliki bnayak pengenggemar setia. Berada di Jl. Cisangkuy sangat strategis jika digunakan sebagai lokasi nongkrong dengan menu yang mendukung kesehatan. Seperti yang kita ketahui, yogurt merupakan olahan dari susu yang difermentasi yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh. Disini yogurt yang ada dibuat sedemikian rupa sehingga tidak asam tapi bervariasi rasa, mulai dari strawberry, moka, cokelat, leccy dan anggur. Dengan harga Rp. 9.500,00 sangat terjangkau untuk kantong kita. Selain yogurt, pengunjung juga dapat memesan siomay, kentang goreng, sate, batagor, dan masih banyak lagi.

Kopi Ireng

Kopi Ireng

by ingstagram @kopiirengbandung

Wisata kuliner Bandung Dago lainnya adalah Kopi Ireng, disini surganya pecinta kopi. Apapun kopinya akan pengunjung dapatkan, dengan sentuhan tangan ahli pastinya yaitu Karneli Sadikin. Bagi pecinta kopi, beliau pasti sudah tidak asing lagi. Seperti kedai kopi pada umumnya, disini juga disediakan camilan. Dengan keindahan alam yang ada akan sebanding dengan rasa yang disajikan. Terletak di Jl. Bukit Timur No. 1.

Selain wisata kuliner Bandung , ada juga makanan khas Bandung diantaranya adalah:

  • Cimol Bandung, meskipun tidak hanya berada di Bandung tapi banyak yang mengatakan bahwa awal mula cimol memang dari Bandung. Arti cimol sendiri adalah aci di gemol atau kanji yang dibuat menjadi bulatan. Dengan tambahan bumbu yang hampir mirip dengan basreng, aci tadi kemudian digoreng hingga matang. Begitulah kiranya cara membuat cimol. Banyak diantara yang sudah mencoba pasti akan ketagihan dan ingin makan sampai kenyang. Rasanya yang gurih mampu membuat lidah bergoyang.
  • Surabi Bandung, seperti yang diketahui, kue surabi ini merupakan salah satu makanan khas yang keberadaannya sudah banyak dijadikan sebagai tujuan wisata kuliner khas Bandung.
  • Peuyem Bandung, menjadi idola di Bandung, keberadaan peuyem tidak bisa dipisahkan dengan Bandung. Peuyem sendiri adalah makanan semacam tape yang dibuat dari singkong yang difermentasi. Walaupun hampir sama tapi peuyem biasanya diberi topping keju, coklat dan berbagai varian rasa lainnya. Dan keberadaannya sering dijadikan sebagai oleh-oleh.
  • Siomay Bandung meskipun banyak yang menjual atau membuat siomay. Tapi siomay dari Bandung ini memiliki rasa yang khas. Dimana bumbu yang digunakan berbeda dengan tempat lainnya dan menjadi wisata kuliner khas Bandung selanjutnya.

Setelah mengetahui beberapa wisata kuliner Bandung seperti yang sudah diuraikan diatas, alangkah lebih baiknya jika Anda juga menikmati keindahan wisata di Bandung lainnya, seperti wisata alam Kawah Putih, wisata buatan Farm House, wisata Kampung Gajah Wonderland dan lain sebagainya. Pastikan liburan Anda terencana dan selamat berlibur.

tempatwisataindonesia.id
Review
5